Beginilah Cerita Si Penambang Perahu di Kuala Indah
Jumat, 26 Februari 2016 | 11:04:33 WIB | Dibaca: 749 Kali




Penambang Perahu di Dermaga Kualaindah, Kecamatan Betara.(IT)


Gerimis menabur di permukaan anak Sungai Kualabetara. Beberapa pengayuh sampan yang terlihat masih remaja begitu semangat. Tidak ada rasa lelah terpancar di raut wajah mereka.

Infotanjab.com - Andri Damanik

Begitulah pemandangan yang terpantauinfotanjab.com, beberapa hari yang lalu di penyeberangan di RT 05, Desa Kuala Indah, Kecamatan Kualabetara, Kabupaten Tanjabbar.

Para pengayuh sampan ini sudah terlatih, membawa penumpang ke seberang Kuala Indah, bahkan menyeberangkan sepeda motor penumpang.

Satu sampan, bisa dikayuh tiga sampai empat orang. Mereka terlihat kompak, terlibat kondisi debit sungai mulai pasang.

Mengeluarkan seluruh tenaga, hanya untuk menembus arus, dan menyelamatkan penumpang hingga ke seberang sungai.

Penghasilan sehari, sebagaimana dituturkan Rusdi salah satu pengayuh sampan, memang tak seberapa. Per penumpang yang ingin menyeberang dikenakan tarif Rp 1.000. Sedangkan satu unit sepeda motor, dikenakan ongkos Rp 10 ribu. Penumpang yang membawa motor cukup membayar ongkos sepeda motor saja.

"Gak tentu, kadang ramai kadang sepi. Di penyeberangan ini, hanya ada dua perahu penyeberangan yang beroperasi," kata Rusdi.

Pria berkulit sawo matang ini mengaku menikmati profesinya sebagai pengayuh sampan penyeberangan. Dia kerab dibantu para pemuda yang juga pengurus dermaga, bila menyeberangkan beberapa unit sepeda motor di tengah arus yang kuat.

"Kalau arus lagi deras, harus dibantu beberapa orang, jika tidak perahu bisa hanyut dan tak sampai ke dermaga seberang," kata dia.

Sahrul, pengurus dermaga Kualaindah, mengatakan, hasil dari nambang perahu, sebagian disumbangkan untuk kas dan masjid. 

"Jadi bukan untuk pribadi, hasilnya untuk Masjid dan kas kepengurusan," kata Sahrul.

Sahrul menuturkan, para pengayuh perahu penyeberangan, mayoritas pemuda setempat. Katanya, omset dari perahu, sebagian dialokasikan untuk kegiatan sosial.(***)





Berikan Komentar via Facebook :