Tingkat SMP Sederajad, Hanya 10 Sekolah yang Siap Menyelenggarakan UNBK
Kamis, 30 Maret 2017 | 15:08:51 WIB | Dibaca: 307 Kali




Ilustrasi/net


KUALATUNGKAL - Tahun ini pertama kalinya siswa di Tanjabbar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan UNBK ini tentunya harus didukung fasilitas yang memadai.

Untuk SMP sederajat, dari 66 sekolah yang terdata, hanya 10 sekolah yang benar-benar siap menyelenggarakan UNBK.

Hal ini dikatakan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat Bahtiar belum lama ini.‎

"Dari jumlah SMP di Tanjab Barat sebanyak 66 sekolah, terdapat 10 sekolah yang akan melaksanakan UNBK, dan jika di persentasikan berkisar 20 persen, sedangkan sisanya akan melaksanakan ujian nasional seperti biasa yaitu menggunakan pensil dan kertas," katanya.

Dijelaskannya juga, untuk sekolah yang belum dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer pada tahun ini akan melaksanakan ujian nasional seperti biasa. Sekolah yang belum dapat melaksanakan itu masih dalam tahap persiapan fasilitas komputer dan kelengkapan lainnya.

"Kita targetkan tahun depan bisa 50 persen dari sekolah yang ada akan melaksanakan UNBK, karena sebagian besar sekolah saat ini sedang menyiapkan pasilitas untuk itu," jelasnya.

Ia juga menerangkan, peserta ujian nasional untuk tingkat SD Tahun ini berjumlah 6.153 siswa, tingkat SMP berjumlah 5.116 siswa.

"Ini adalah data terakhir jumlah siswa yang akan melaksanakan ujian nasional, dan kita berharap seluruh peserta ini nantinya dapat ikut melaksanakan ujian nasional sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan, "sebutnya.

Sementara itu untuk tingkat SLTA sederajad peserta ujian nasional berjumlah sebanyak 3.546 siswa. Jumlah peserta ini tersebar di 24 SMA, MA dan 8 SMK di Kabupaten Tanjab Barat. Untuk kegiatan ujian nasional tingkat SLTA sederajad juga akan menerapkan sistim UNBK.(*)‎

Penulis : Edison
Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :