Tidak Ada Dana, Atlet Panjat Tebing Gagal Ikut Kejuaraan di Luar Daerah
Minggu, 30 April 2017 | 11:43:43 WIB | Dibaca: 393 Kali




Para Atlet Panjat Tebing Tanjabbar Berlatih untuk Persiapan Kejuaraan di Luar Daerah.(ilustrasi/net)


KUALATUNGKAL – Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Tanjabbar batal mengikuti kejuaraan Nasional pada April ini, lantaran dana hibah KONI di Dispora tak kunjung cair.

Hal ini dikatakan Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tanjabbar, Khairul Anwar kepada infotanjab.com, Sabtu.

Kata dia,  tiga kali proposal yang diajukan ke Dispora untuk kejuaraan di luar daerah ditolak. Mau tidak mau, atlet panjat tebing batal berangkat ke luar kota untuk mengikuti sejumlah kejuaraan.

Dijelaskan, ada 18 atlet panjat tebing yang tergabung dalam FPTI Tanjabbar dan teraftar ikut Porprov tahun sebelumnya. Ada dua medali emas dan empat perunggu yang berhasil diraih atlet panjat tebing Tanjabbar.

Tahun ini, berdasarkan pagu di Dispora Tanjabbar, FPTI Tanjabbar dibudget Rp 50 juta untuk kebutuhan mengikuti kejuaraan.

“Dari tiga item kegiatan yang kami ajukan, paling tidak hanya dua kegiatan yang bisa diikuti menyesuaikan dana yang ada,” tukas Khairul Anwar.

Dikatakan Khairul, para atlet panjat tebing terus berlatih di arena panjat tebing yang berada di depan Kantor Dispora Tanjabbar. Meski mengandalkan uang kantong pengurus dan atlet sendiri, para atlet terus mempersiapkan diri untuk kejuaraan yang akan diselenggarakan pada tahun ini.

“Buat apa latihan  keluar keringat, latihan  fisik kalau tidak bertanding.  Bisa-bisa atlet kabur dan pindah ke daerah lain,” ujarnya.

Dia berharap dana hibah KONI segera dicairkan. Meski gagal bertanding pada bulan ini, ada harapan atlet panjat tebing Tanjabbar untuk bertanding di kejuaraan di Surabaya pada Mei mendatang.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Tanjabbar Hamdani mengatakan, belum ada keputusan pada hearing dengan Dispora dan KONI Tanjabbar beberapa hari yang lalu. Pasalnya, Plt Kadispora berhalangan hadir.

Menurut Politisi PDIP ini, anggaran hibah tersebut bisa dicairkan karena sudah dianggarkan, yang terpenting mengikuti aturan yang sudah ada.

“Untuk lebih jelas tanyakan ke bagian keuangan Tanjabbar,” kata Hamdani.

Pihaknya, selaku mitra kerja dinas terkait, berharap dana KONI segera dapat dicairkan sesuai dengan aturan.(*)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :