EDITORIAL INFOTANJAB MINGGU KEEMPAT JULI 2015
Politik Itu Tidak Hitam dan Putih
Jumat, 24 Juli 2015 | 07:16:06 WIB | Dibaca: 1170 Kali




ilustrasi/net


Oleh: R Simanjuntak – Pemred infotanjab.com

PENDAFTARAN peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung serentak di 260 kabupaten/kota dan 9 provinsi termasuk Kabupaten Tanjabbar akan berlangsung pada 26-28 Juli 2015.

Kita belum mendapat informasi peserta Pilkada yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tanjabbar.  Di beberapa media cetak dan online disebut-sebut bakal calon peserta Pilkada Tanjabbar terdiri dari lima anggota DPRD, Faisal Riza, Muhammadiyah, Suhatmeri, Abdul Hamid dan Alamsyah. Diluar itu, nama Safrial, mantan Bupati Tanjabbar dan Drs Mukri (Mantan Kadispenda Tanjabbbar) juga digadang-gadangkan bakal maju pilkada tahun ini.

Namun, menurut beberapa pengamat, kelima anggota DPRD diatas kemungkinan memilih tidak mengundurkan diri dari anggota legislatif, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), jika anggota legislatif mencalonkan pada pilkada harus mengundurkan diri. Sebab, politik itu tidak hitam putih dan keadaan tidak selalu sama dengan hitung-hitungan di atas kerta. Politik itu “The Art Of the Possible”, seni dari kemungkinanan selalu ada unsur yang tidak diduga sebelumnya.

Jika kelima anggota dewan yang baru 10 bulan mengabdi sebagai wakil rakyat itu tidak memilih untuk maju pada pesta demokrasi mendatang, diprediksi peserta Pilkada Tanjabbar  2015 hanya ada dua pasang calon, yakni pasangan Mukri dan Safrial MS, mantan Bupati Tanjabbar yang sudah tiga kali peserta pilkada Tanjabbar (Pilkada 2000, Pilkada 2005 dan Pilkada 2010).

Perlu kita garis bawahi, sesuai Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2015, apabila dalam pendaftaran peserta Pilkada 26-28 Juli 2015 nanti hanya satu pasang calon yang mendaftar, maka waktu pendaftaran ditambah tiga hari dan jika tidak ada tambahan pasangan calon mendaftarkan diri setelah perpanjangan waktu, maka pilkada akan ditunda hingga Pilkada Serentak tahun 2017 mendatang.

Kita harapkan, peserta pilkada serentak 2015 Kabupaten Tanjabbar lebih dari satu pasang calon, agar pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang berlangsung, guna memilih Pemimpin yang memiliki kredibilitas, integritas dan kemampuan mendorong pembangunan di Kabupaten Tanjab Barat yang kita cintai ini. Salam Redaksi…….. (***)





Berikan Komentar via Facebook :