Bayi Malang Berusia Tiga Tahun di Desa Kayu Aro Kecamatan Senyerang
Terus Bertahan, Meski Seluruh Tubuh Kaku
Senin, 01 Februari 2016 | 13:47:02 WIB | Dibaca: 1449 Kali




Rizky Pirnanda (3) saat Dirawat di Puskesmas Senyerang, Jumat.(IT)



Seluruh tubuh kaku, hanya hisak tangis yang terdengar. Sang ibu, Nini Harnidah (24) tak banyak berbuat, kucuran matapun tak terbendung.

Khaidir, Infotanjab.com

DIALAH, bayi malang, Rizky Pirnanda (3), sejak dilahirkan, tubuhnya terlahir kaku. Hanya suara tangis yang bisa didengar.

Jumat lalu, bayi malang ini dibawa ke Puskesmas Senyerang, demi mendapat perawatan medis. Alih-alih, pihak puskesmas kaget, dan tidak mengetahui penyakit yang diderita anak pertama dari pasangan Sukimin (35) dan Nini Harnidah (24) ini.

Bayi yang tinggal di Parit Bunasim RT 01, Desa Kayu Aro Kecamatan Senyerang ini tetap bertahan, meski seluruh tubuhnya kaku. Dia masih menerima asupan gizi. Layaknya seperti bayi lainnya, Rizky terus berjuang bertahan hidup, walaupun anggota tubuh tak mampu bergerak seperti makhluk lainnya.

Hari ke hari, kondisi Rizky kian memburuk, berbagai upaya telah dilakukan orang tuanya, namun kondisi kesehatan bayi tiga tahun ini tak ada perubahan.

"Padahal adik Rizky pada saat ini sudah bisa berjalan, semenjak dilahirkan memang Rizky mengalami kejang-kejang, ntah mengapa dalam tiga bulan ini fisik badan Rizky kaku hingga saya merasa sangat takut sekali,” kata Nini.

Untuk berobat, Nini hanya mengandalkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan puskesmas setempat. Dengan harapan, anak pertamanya bisa sehat layaknya bayi seusianya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Senyerang, dr Lenny Napitupulu menyarankan agar Rizky dirujuk ke rumah sakit di kabupaten dan ditangani secara khusus oleh dokter spesialis anak.

Sejauh ini, dia belum mengetahui penyakit yang diderita bayi malang ini, yang menyebabkan tubuhnya kaku.

“Enam tahun saya bertugas di sini baru kali ini menemukan kondisi anak sedemikian,” kata Lenny.

Lenny menghimbau, bagi kaum ibu agar selalu memerhatikan kesehatan anak, diantaranya melakukan imunisasi untuk kekebalan tubuh bayi.

Setelah diperiksa di Puskesmas, Jumat lalu, Rizky kembali dibawa ke rumahnya. Belum dipastikan, apakah bayi malang ini dirujuk ke Rumah Sakit di Kualatungkal.(***)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :