Pasca Dilantik Gubernur, Romi Paparkan Visi Misi Memimpin Kabupaten Tanjabtim 5 Tahun Kedepan
Rabu, 13 April 2016 | 17:00:00 WIB | Dibaca: 1096 Kali




Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim 2016-2021 H Romi Haryanto dan H Robby Nahliyansyah oleh Gubernur Jambi Zumi Zola di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi Selasa (12/4)



JAMBI - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjab Timur terpilih H Romi Haryanto SE dan H Robby Nahliyansyah akhirnya dilantik  Gubernur Jambi  Zumi Zola Zulkifli, di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (12/4).

Pasangan pemenang Pilkada  serentak yang digelar pada 9 Desember 2015 lalu ini akan menggantikan Ambo Tang, yang sebelumnya menjabat Bupati  Tanjab Timur sisa masa jabatan 2011- 2016, selama hampir delapan bulan.

Ambo Tang menjabat bupati menggantikan Zumi Zola Zulkifli. Dengan dilantiknya Romi Haryanto, maka Ia akan tercatat sebagai Bupati Kabupaten Tanjab Timur ke empat pasca Tanjab Timur dimekarkan.

Pasangan Romi Haryanto dan Robby Nahliyansyah yang diusung PAN Golkar dan Nasdem, terpilih sebagai bupati dan wakil bupati setelah meraup suara sebanyak  59,97 persen. Berjarak 19 persen dari Dillah Hikmah Sari dan Sentot,  yang diusung PDIP, Demokrat, Gerindra dan PBB. Pada Pilkada lalu, hanya dua pasangan ini yang bersaing.

Dengan  dilantiknya Romi dan Robby  dan dilakukannya serah terima jabatan dengan Ambo Tang,  maka untuk lima tahun kedepan Tanjab Timur akan lekat dengan visi  pembangunan Merakyat. Ini merupakan singkatan dari meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sebelum ini, ketika Zumi Zola Zulkifli dan Ambo Tang memegang kendali pimpinan daerah, semboyan pembangunan adalah Samudra,  yang merupakan kepanjangan dari Sejahtera, Adil, Mandiri, Unggul, Demokratis dan Agamis. Samudra tetap menjadi pekerjaan rumah Ambo Tang, saat dia menggantikan Zumi Zola Zulkifli hingga akhir jabatan 12 April 2016 ini.

Merakyat sendiri selain singkatan, juga dimaksudkan pasangan Romi dan Robby sebagai cerminan kepribadian seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, tidak ekslusif, peduli dengan permasalahan rakyat. Sehingga dapat mengetahui dan memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat yang harus dilayani.

“Karena pada hakekatnya pemimpin itu adalah pelayan masyarakat,”  jelas Romi Haryanto.

Untuk mewujudkan visi ini, lanjut Romi, akan dilakukan lima misi, dimana salah satu diantaranya masih terkonsentrasi pada peningkatan sektor infrastruktur. Termasuk pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis agrobisnis, usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Serta menciptakan peluang investasi dibidang   industri dan kepariwisataan.

Misi ini juga akan mengusung peningkatan SDM melalui peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender dan penerapan Iptek. Serta mewujudkan masyarakat yang agamis, berbudaya serta keamanan daerah yang kondusif.  Juga tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang baik, bersih, transparan dan demokratis.

Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagaimana tujuan yang ingin dicapai melalui lima misi tersebut, ditetapkanlah kebijakan pembangunan yang akan menjadi agenda prioritas, dengan delapan pilar utama.

Konsep  Merakyat  ini sendiri, menurut Romi, dirumuskan dengan berpedoman pada kebijakan pusat telah menetapkan RPJPN 2005-2025. Dan telah dituangkan dalam bentuk RPJMN 2015-2019, yang dijabarkan melalui tujuh misi dan sembilan agenda prioritas (Nawa Cita).

Selain mengacu kepada pusat,  visi Merakyat ini juga lekat dengan kebijakan RPJP 2005-2025 Provinsi  Jambi tahap 3.  Dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang  Kabupaten Tanjab Timur, yakni Maju, Adil, Sejahtera dan Lestari.

Merujuk dari tiga acuan tersebut, Romi dan pasangannya meyakini akan mampu berbuat lebih banyak untuk memajukan kabupaten ini. Selain ditopang dengan delapan pilar utama untuk mewujudkan visi dan misi ini, keduanya masih punya nilai lebih lainnya. Yakni lembaga paremen Tanjab Timur. Dimana keduanya sudah mengecap banyak asam garam di kursi legislatif. Terutama Romi sendiri, yang selama hampir tiga periode menjadi pucuk pimpinan dewan. Dan Robby dua periode bergelut di Komisi B dewan.

“Insya Allah kita akan membangun Tanjab Timur lebih baik, doakan kami,” tukas Romi.(*)

Penulis : Joni Hartanto

Editor   : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :