Swasembada Pangan, Tanjabtim Targetkan 86.617 Ton Gabah Kering
Jumat, 22 April 2016 | 10:22:53 WIB | Dibaca: 595 Kali




ilustrasi/net



MUARASABAK- Guna mewujudkan swasembada pangan pada 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) bertekad untuk memproduksi gabah kering sebanyak86.617 ton. 

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tanjabtim, Ahmad Mausul melalui Kabid Produksi, Mahmud, baru-baru ini.

Kata dia, untuk mencapai target produksi gabah 86.617 ton tersebut, Tanjabtim telah mempersiapkan langkah-langkah strategis. 

Pertama, mengupayakan percepatan tanam ketika memasuki musim penghujan. "Pendampingan dan pengawalan akan ditingkatkan, guna memberi support terhadap petani,’’ terangnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan benih padi yang unggul dan bermutu. Sedangkan untuk perawatan, Pemkab juga telah mempersiapkan pupuk bersubsidi. 

"Kita Optimis, di 2016 ini target tercapai, asal tahun ini tidak mengalami musim kemarau panjang,’’ paparnya.

Semua itu dapat terjadi apabila petani hendak mengikuti saran maupun anjuran yang diarahkan oleh petugas penyuluh. "Insya Allah target dapat tercapai, bahkan bisa lebih. Sasaran lahan untuk ditahun ini kurang lebih seluas 16.565hektare, yang terdapat di Sembilan Kecamatan di Kabupaten Tanjabtim. Ini hanya untuk lahan pertanian saja,’’ ungkapnya.  

Berkaca pada tahun 2015 lalu, produksi gabah kering yang dihasilkan Tanjabtim sebanyak 17.434 Ton, dari target sebanyak 16.565 Ton. Dengan demikian, pada tahun 2015 Tanjabtim over target. 

"Peningkatan produksi gabah kering pada 2015 sekitar 5 persen dari yang ditargetkan,’’ tandasnya.(*)

Penulis : Joni Hartanto

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :