Makanan Berkadar Kimia Marak Diperjualbelikan
Jumat, 22 April 2016 | 11:15:23 WIB | Dibaca: 678 Kali




ilustrasi/net



MUARASABAK - Banyaknya makanan yang menggunakan bahan kimia, membuat Dinas Ketahanan Pangan Tanjungjabung Timur gerah. Dengan mengkomsumsi bahan makanan yang berkadar kimia akan memicu penyakit kanker.

Dari hasil investigasi dan pendataan Kantor Ketahanan Pangan, rata-rata makanan sehari-hari yang dikomsumsi menggunakan zat kimia, mulai dari sayur-sayuran yang menggunakan pestisida, gorengan hingga makanan-makanan lain.

Padahal, mengkomsumsi bahan makanan yang menggunakan zat kimia akan berdampak pada penderita kanker dan penyakit lainnya.

Kakan Ketahanan Pangan Tanjabtim, Husni Tamrin mengatakan, salah satu penyebab maraknya penggunaan zat kimia bagi pedagang maupun petani holtikural, karena takut rugi. Agar Sayur dan dagangan yang dijual bertahan lama, pedagang kerab menggunakan zat kimia.

Memang, lanjut Husni dampak yang dirasakan tidak langsung diderita, namun dalam beberapa tahun kedepan gejala dari makanan yang dikomsumsi menggunakan zat kimia akan terasa.

"Kalau sekarang memang belum terasa efeknya, tapi beberapa tahun kedepan akan terasa dampaknya,"ujar Husni

Kedepan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tidak seenaknya menggunakan zat kimia untuk mengawetkan makanan untuk diperjualbelikan.

"Kita akan lakukan sosialisasi, dan akan mengambil tindakan tegas kalau ada oknum yang menggunakan zat kimia untuk mengawetkan bahan makananya,"pungkasnya.(*)

Penulis : Joni Hartanto

Editor  : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :