Keren, Pemuda Ini Mampu Mengolah Sampah Plastik menjadi Bensin dan Solar
Minggu, 15 Januari 2017 | 01:14:53 WIB | Dibaca: 885 Kali




Beri Yudiansyah, Pemuda yang Memiliki Penemuan dalam Pengolahan Limbahan Plastik menjadi Bensin dan Solar.(IT)



Sampah, terkadang bisa menjadi masalah. Bila dibiarkan, akan mengganggu sanitasi lingkungan. Namun, sampah ternyata bisa diolah menjadi bahan bakar minyak Bensin dan Solar.

Roy Rambe – Infotanjab.com

Dengan alat sederhana, meski rakitan, ternyata sampah plastik bisa didaur ulang menjadi bensin dan solar. Seolah tak percaya, namun faktanya, Beri Yudiansah, pemuda asal Jambi ini memamerkan hasil temuannya pada Tungkal Fair 2017, yang baru dibuka, Jumat lalu.

Ditemui di standnya, pemuda yang tinggal di Lorong Sejahtera Parit III ini, memaparkan, limbah plastik jika diolah sangat berguna bagi masyarakat.

Misalkan, plastic botol bekas ataupun sejenisnya, dapat disulap menjadi bensin dan solar.

Cukup sederhana, pengolahan limbah plastik sampah ini membutuhkan waktu dua sampe tiga jam. Dengan bahan 1 kilo sampah plastic, dapat menghasilkan setengah liter minyak bensin atau solar.

Sayangnya, pengolahan ini masih tergolong tradisional, lantaran keterbatasan sarana.

“Alat kita masih terbilang kecil dan tradisional. Masih pakai gas 3 kilo belum bisa memproduksi secara masal. Ya alat kita masih alat rakitan. Kita masih kurang alat mas, seperti termometer dan banyak lagi. Niat saya, ingin ngelola di sini lah mas, di Tanjabbar,” kata Beri saat disapa di standnya, Jumat (13/1).

Tentunya, dukungan dari pemerintah sangat dia harapkan. Dengan pengolahan sampah plastik secara massal, akan menghasilkan sumber energi, yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kendalanya, alat pengolah dan penghancur sampah seperti mesin cincang sampah, masih rakitan. Makanya belum bisa memproduksi banyak minyak. Seperti minyak bensin, solar,” ujar Beri.

Sementara itu, Sekda Tanjabbar H Ambok merasa tertarik dan sempat berbincang dengan Beri Yudiansyah. Banyak hal yang dipertanyakan Sekda soal pengolahan limbah sampah plastik ini hingga bisa diolah menjadi bensin dan solar.  

Semoga saja, Beri Yudiansyah mendapat dukungan dari pemerintah daerah.(***)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :