Gunakan Bahan Bekas, Pria Tua Ini Merakit Sepeda Motor Pakai Mesin Rumput
Sabtu, 15 April 2017 | 10:28:33 WIB | Dibaca: 754 Kali




Abdullah (72) Memperlihatkan Hasil Karyanya, Merakit Sepeda Motor Sederhana dengan Mesin Pemotong Rumput. (dir/IT)



Usia lanjut tak menjadi penghalang bagi Abdullah, pria berusia 73 tahun ini untuk berkarya. Bermodalkan sepeda tua dan mesin pemotong rumput, Abdullah mampu merakit menjadi sepeda motor.

Penulis : Haidir – Infotanjab.com

Penemuan ini sekitar 2015 lalu. Pria yang tinggal di RT 06, Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjabbar – Provinsi Jambi ini mencetuskan penemuan baru dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Walaupun tak secanggih otomotif lainnya, hasil penemuan ini sempat dipamerkan ke Provinsi Aceh, melalui promosi Dinsosnakertrans beberapa waktu lalu.

Dibincangi di kediamannya, Abdullah membeberkan proses pembuatan sepeda motor sederhana ini.

Katanya, perlu waktu 60 hari merakit sepeda motor ini. Onderdil sepeda bekas dirakit secara perlahan, memasang mesin pemotong rumput yang didesain seadanya, menempel di posisi yang tepat.

Mesin yang terpasang ditutup dengan body buatan sendiri. “Ya cukup lama, 60 hari merakit sepeda motor ini. Karena saya buatnya sendiri,” ujar Abdullah.

Pria yang berprofesi sebagai teknisi mesin ini merakit sepeda motor ini secara tak sengaja. “Tenaga gak ada lagi, dan saya banyak di rumah. Tiba-tiba ada inspirasi membuat suatu karya, ya akhirnya berfikiran membuat sepeda motor dengan mesin rumput,” kata Abdullah.

Abdullah berpesan kepada para pemuda yang bergelut di bidang otomotif khususnya, agar bisa berkreasi, berinovasi mencari temuan-temuan terbaru dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar.

“Barang-barang bekas jangan dibuang begitu saja, karena ada manfaatnya," ucap Abdullah.(*)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :