Pemilihan Legislatif 2019
KPUD Tanjabbar Usulkan Perubahan Jumlah Kursi
Selasa, 20 Februari 2018 | 22:59:20 WIB | Dibaca: 291 Kali




Ilustrasi /net



KUALATUNGKAL,INFOTANJAB.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tanjabbar mengajukan perubahan jumlah kursi pada pemilihan Legislatif 2019 mendatang. Perubahan jumlah kursi ada di dua dapil, yakni dapil satu dan empat.

Sementara jumlah kursi di daerah pemilihan (dapil) satu akan di kurangi satu kursi. Dari 12 kursi menjadi 11. Sedangkan jatah kursi di dapil 4 bertambah dari delapan kursi menjadi 9 kursi.

Hal ini diungkap Ketua KPU Tanjab Barat, Apnizal saat di temui di ruang kerjanya, Kamis pekan lalu.‎

"KPU telah menentukan jumlah kursi di DPRD Tanjab Barat , tetap 35 kursi serta 5 dapil pada Pileg 2019 nanti. Kondisinya seperti pada Pemilu 2014 lalu. Hanya saja ada perbedaan jumlah kursinya dikurangi dan ditambah," terangnya.

Adanya pergeseran jumlah penduduk di dua dapil menjadi dasar KPUD merombak jumlah kursi yang diperebutkan di dua dapil tersebut.

Berdasarkan SK KPU No 13 Tahun 2018, jumlah penduduk Tanjab Barat 322. 058 jiwa. Berdasarkan cara penghitungan itu, ada kecamatan yang jumlah penduduknya bertambah dan berkurang. Dimana, penduduk di dapil 4 mengalami peningkatan jumlah melebihi Tungkal Ilir.

Namun, dikatakan Apnizal, perombakan jumlah kursi di dapil ini baru berupa usulan. Usulan ini, nantinya akan di sampaikan ke KPU-RI. Dan KPU-RI lah nanti yang memutuskan dan menetapkan diterima atau tidaknya usulan tersebut. KPUD Tanjab Barat hanya sebatas mengusulkan.

"Usulan ke pusat harus melalui provinsi dulu. Dan kita masih menunggu undangan dari KPU Provinsi Jambi. Dan yang pasti dalam bulan ini juga," tutup Apnizal. (*/eds)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :