Buat Surat ke Bea Cukai untuk Pasang Alat Pendeteksi Khusus di Roro
Jumat, 02 Maret 2018 | 22:19:23 WIB | Dibaca: 200 Kali




Pelabuhan Roro Kualatungkal (dok/IT)



KUALATUNGKAL – Sistem pemeriksaan barang di Pelabuhan Roro Kualatungkal masih relatif sederhana. Belum ada alat pendeteksi khusus yang dipasang di dermaga penyeberangan satu-satunya di Provinsi Jambi ini.

Hal ini diakui Kepala UPTD LASDP Manalu saat dihubungi infotanjab.com, Jumat malam (2/3).

Dikatakan Manalu, pemeriksaan barang terhadap kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Roro tetap dilakukan oleh petugas gabungan, baik itu dari KPPP dan Pol Airud Polda Jambi. Pemeriksaan dan pencatatan kendaraan dilakukan di jalur tengah, sebelum kendaraan dimasukkan ke kapal.

“Dari pos awal memang sudah dicek, dan diperiksa lagi di jalur tengah, sekaligus pencatatan nomor kendaraan. Setelah itu, diatur ke dalam kapal. Kita tetap melibatkan aparat kepolisian dalam pemeriksaan barang, baik kendaraan yang akan diberangkatkan ke Batam atau sebaliknya,” ujar Manalu.

Kendati demikian, pemeriksaan barang muatan truk dan mobil pribadi belum dilengkapi dengan teknologi khusus. Pihak LASDP pun sudah menyurati Direktorat Bea dan Cukai untuk terlibat dalam pemeriksaan barang dengan menggunakan detektor yang lebih canggih.

“Alat scanner itu kan biasanya digunakan oleh pihak Bea Cukai. Memang kita sudah surati, namun belum ada balasannya. Memang ada rencana kita memasang alat pendeteksi itu, agar pemeriksaan lebih akurat,” ujar Manalu.

Ditambahkan Manalu, selama Pelabuhan Roro beroperasi, petugas pernah mengamankan sejumlah karung berisi barang PJ (Pakaian Jadi). Barnag tersebut langsung diamankan ke Mapolres Tanjabbar.

“Pernah sekali ditemukan karung bal berisi PJ, langsung diamankan. Selebihnya kita belum menemukan barang-barang yang dilarang,” tukas Manalu.(*)

Editor : Andri Damanik

Baca Juga : Arus Transportasi di Pelabuhan Roro Relatif Stagnan





Berikan Komentar via Facebook :