Secara Bertahap, Paspor Calon Jamaah Haji mulai Dibuat
Senin, 05 Maret 2018 | 02:02:25 WIB | Dibaca: 252 Kali




Ilustrasi/net



KUALATUNGKAL - Secara bertahap, pembuatan paspor bagi Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tamjabbar mulai dilakukan. Per harinya, setidaknya ada 15 CJH yang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kualatungkal.

Jadwal pembuatan paspor CJH ditentukan oleh pihal Kementerian Agama Kabupaten Tanjabbar.

Kepala Kantor Kemenag Tanjab Barat H Buhri Y melalui Kasi Haji dan Umrah HM Yunus mengiyakan bahwa pembuatan paspor CJH sudah dilakukan secara bertahap.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Imigrasi. Hasilnya pembuatan paspor dilakukan secara bertahap, dengan maksimal 15 orang perharinya," ujar Yunus.

Dikatakan dia, mekanisme pembuatan paspor CJH tahun ini ada sedikit perubahan. Calon jamaah haji harus menandatangani pernyataan tertulis tentang kebenaran dokumen nama orang tuanya.

Pembuatan paspor jamaah haji berbeda dengan pembuatan paspor lainnya. Calon Jamaah harus membubuhkan tanda tangan di atas materai.

"Kita berharap semua proses bisa dilalui oleh para calon jamaah haji kita. Sehingga nantinya bisa menunaikan ibadah haji dengan nyaman dan aman," ucapnya.

Selain itu, HM Yunus juga menjelaskan, bahwa Kemenag Tanjab Barat telah membuka pelayanan terpadu satu pintu bagi masyarakat yang berminat mendaftar haji. Pelayanan satu pintu ini diterapkan pada tahun 2018 ini. Hal ini merupakan terobosan Kemenag Tanjab Barat demi membantu masyarakat dalam pelayanan porsi haji.

Selain itu, Kemenag juga sudah membuat Nota Kesepahaman antara Kementerian Agama Kabupaten Tanjab Barat dengan PT Bank Syariah Mandiri KCP Kualatungkal, beberapa hari yang lalu, tentang pemanfaatan layanan jasa perbankan.

Pelayanan satu pintu ini dipusatkan di Kantor Kemenag Tanjabbar. Urusan pendaftaran haji, mulai dari penyetoran dana dan foto haji bisa dilakukan dalam satu ruangan.

"Semua petugas dari masing-masing porsi, ada didalam satu ruangan tersebut. Jadi masyarakat bisa duduk manis saja. Mulai dari setor uang, berfoto, bahkan masyarakat bisa langsung mendapatkan forsi di sini. Insya Allah dalam waktu dekat ini akan kita lounching," tandasnya.(*)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :