SUARA RAKYAT DI HARI JADI KABUPATEN TANJABBAR KE 53
Air Bersih Didambakan sejak Separuh Abad Silam
Kamis, 09 Agustus 2018 | 12:37:42 WIB | Dibaca: 514 Kali




Peringatan HUT Tanjabbar dan HUT RI ke 73.(HMS/IT)



KUALATUNGKAL - Hari Jadi Kabupaten Tanjabbar ke 53 sebentar lagi disemarakkan. Berbagai kegiatan pun dihelat sampai pada hiburan dan siraman rohani.

Lebih dari sekedar perayaan, jauh lebih penting adalah peningkatan ekonomi, alokasi anggaran yang tepat sasaran dan pembenahan infrastruktur di semua lini. Poin-poin ini harus menjadi buah pikiran bagi petinggi di daerah ini. Siapapun pemimpinnya, harus menjalankan program, visi dan misi yang bersentuhan dengan masyarakat.

Seperti diutarakan salah satu tokoh masyarakat di Kualatungkal, Indra Safari. Sejak berdirinya kabupaten ini hingga terpecah dari Tanjungjabung Timur, pembangunan tetap dilakukan, meski ada hal mendasar yang belum terpenuhi.

Separuh abad usia kabupaten ini, yang menjadi impian adalah air bersih. "Semoga akhir tahun ini air bersih bisa mengalir ke Kualatungkal, sumber air baku dari Teluk Pengkah Tebing Tinggi, mengalir melewati beberapa kecamatan sampai ke Kualatungkal. Kita semua menantikannya," kata Indra Safari yang juga pernah duduk di DPRD Tanjabbar beberapa tahun silam.

Soal lain yang harus menjadi PR pemimpin daerah ini adalah listrik. Hingga saat ini, listrik di Kabupaten Tanjabbar belum stabil. Perlu dilakukan penyelesaian secara konkrit, baik itu PT TJP, GJE dan PeteoChina serta PLN.

"Kita harapkan pemerintah daerah juga bisa mencarikan solusi yang tepat, terutama bagi DPRD yang seyogianya bersama pemkab mencarikan solusi yang tepat soal listrik," kata Indra.

Indra menambahkan, infrastruktur di dalam kota perlu diperhatikan, terutama jalan lingkungan masih ada yang rusak. "Seperti di Kampung Nelayan Parit III, masih ada yang rusak, sejak lama belum dilakukan perbaikan. Jangan hanya jalan poros yang diperbaiki. Saya juga pernah menyarankan ke Bupati, agar jalan lingkungan di rigit beton, termasuk jalan dalam kota ini. Tujuannya agar tahan dan hemat anggaran, tidak ada pengaspalan setiap tahun, seperti yang disebut sebagai over lay," kata Indra.

Kendati demikian, sebagai warga Tanjabbar dirinya memberikan apresiasi atas pembangunan yang sudah dilakukan sampai hari ini, meski ada keluhan dari masyarakat.

"Alokasi anggaran tentu yg skala prioritas, yang langsung bersentuhan. Kita harapkan juga peran dari DPRD," tuturnya.

Terakhir Indra Safari menyarankan kepada pemerintah untuk memerhatikan infrastruktur dan air bersih di wilayah seberang kota. Jikapun dibangun sumur bor di daerah seberang kota, harus sumur bor dalam.

"Yang ada sumur bor biasa, airnya masih belum layak. Seperti di Teluk Nilau, sudah ada dibangun sumur dalam, jadi layak digunakan," kata dia sembari mengucapkan Selamat HUT Tanjabbar yang ke 53.

Sementara itu, Zulmierdi, mantan anggota DPRD Tanjabbar periode 2004-2009, berharap di HUT Kabupaten Tanjabbar ke 53, daerah ini semakin maju, perekonomian semakin meningkat dan tingkat kesejahteraan warganya semakin baik.

Dengan demikian, pemerintah daerah harus bekerja keras untuk mewujudkan itu. "Diantaranya membenahi berbagai sarana dan prasarana infrastruktur, apakah itu jalan, jembatan, air bersih, listrik dan lain lain. Alhamdulillah, setelah memasuki tahun ketiga kepemimpinan Bapak DR Ir H Safrial MS di priode kedua ini beberapa sarana dan prasarana ini sudah mulai dibangun terutama air bersih yg Insya Allah pada tahun ini akan dapat dinikmati oleh masyarakat," ujar Zulmi Erdi.

Kata dia, membangun daerah itu tidak semudah yg dibayangkan, namun dirinya berharap semuanya akan berjalan lancar, terukur dan bermanfaat bagi kepentingan umum walaupun dilaksanakan secara bertahap.

Anggota DPRD Tanjabbar Jamal Darmawan Air SE MM berharap dgn sisa masa jabatan Bupati Dr IR H Safrial dan Wabup Tanjabbar Drs H Amir Sakib, seluruh misi visinya tercapai.

Lebih spesifik, Jamal menegaskan, bidang infrastruktur, diharapkan dalam membuat perencanaan yang lebih efektif dan efisien. Artinya, perencanaan yang dibuat jangan diatas meja saja agar pembangunan benar dapat dinikmati masyarakat.

Jamal menambahkan, soal pengelolaan keuangan daerah, agar lebih baik lagi sehingga opini WTP dapat diraih setelah dilakukan pemeriksaan BPK RI Perwakilan Jambi.

Bidang pendidikan, Jamal menambahkan, Disdikbud Tanjabbar diharapkan lebih fokus pada kualitas pendidikan, bukan sekedar mengejar prestasi di bidang olahraga.

"Agar dapat meningkatkan prestasi dalam bidang pendidikan mengenai study nya bukan hanya prestasi dalam bidang olahraga saja serta diharapkan ke dinas pendidikan dapat memberikan bea siswa kepada siswa berprestasi di seluruh tingkatan pendidikan yang telah membawa nama harum kabupaten baik olahraga maupun studi," tambah Politisi Partai Demokrat ini, Kamis.(*)

Editor : Andri Damanik





Berikan Komentar via Facebook :