Pemilih Ganda telah Disortir, Ini Jumlah DPT Sesuai Hasil Pleno Tadi Malam
Jumat, 14 September 2018 | 13:48:27 WIB | Dibaca: 297 Kali




Komisioner KPUD Tanjabbar Ahmad Hadziq. (dok/net)



KUALATUNGKAL - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tanjabbar (KPUD) telah memuktahirkan data pemilih tetap. Rapat pleno DPT Hasil Perbaikan berlangsung alot sampai Jumat dini hari pukul 3.00 (14/9). Rapat ini dihadiri komisioner KPUD dab Komisioner Bawaslu Tanjabbar, dan perwakilan partai politik.

Data sebelumnya, setelah pencocokan data dengan Bawaslu, memang ditemukan pemilih ganda sebanyak 4.082 pemilih. Setelah dilakukan pemuktahiran, data pemilih ganda ini telah dihapus dan jumlah akhir DPT HP sebanyak 205.209.

"Sebelumnya DPT berjumlah 207.028. Angka ini termasuk data pemilih ganda, " kata Komisioner KPUD Tanjabbar Ahmad Hadziq ditemui infotanjab.com Jumat siang di ruang kerjanya.

Dari data pemilih ganda yang ditemukan, terdapat 68 pemilih dibawah umur dan 80 pemilih yang telah meninggal dunia. Setelah dilakukan penyesuaian data, data DPT mengalami pengurangan dari jumlah semula. "Selisihnya hampir dua ribuan," ujar Ahmad Hadziq.

Selanjutnya, DPT HP ini bisa bertambah jika ada pindah milih saat hari pencoblosan. Disamping itu, pemilih pemula juga banyak yang belum di DPT. Dalam hal ini, pihak KPUD terus berkoordinasi dengan jajaran di bawah.

"DPT ini bisa bertambah, karena ada DPT Tambahan yang pindah milih," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Provinsi Jambi menemukan puluhan ribu data pemilih ganda di seluruh kabupaten/kota. Di Tanjabbar, pemilih ganda mencapai 4.082.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi R mengatakan, pemilih ganda menjadi dilema setiap pemilihan. Hal ini akan mempengaruhi hasil pemilihan, termasuk kepercayaan masyarakat dengan hasil pemilu.

Dalam hal ini, kata Asnawi, Bawaslu meminta kepada penyelenggara pemilu (KPUD) untuk bekerja profesional. Jangan sampai terjadi pelanggaran etik.(*)

Editor : Andri Damanik

 

 

 





Berikan Komentar via Facebook :