UAS Inginkan Ada Santri Tungkal yang Belajar ke Mesir dan Maroko
Jumat, 12 Oktober 2018 | 20:28:27 WIB | Dibaca: 401 Kali




Ustad Abdul Somad Lc MA dalam Tabligh Akbar di Lapangan Persitaj, Jumat sore (12/10).(IT)



KUALATUNGKAL - Satu jam penuh, tausiyah Ustadz Abdul Somad (UAS) terasa singkat. Walaupun awalnya diguyur hujan, akhirnya redah. Cuaca adem, menjelang senja menambah kesejukan disela-sela ceramah pria lulusan Mesir dan Maroko ini.

Ribuan mata tak mau lepas dari pria berusia 41 tahun ini. Dengan karakternya, menebar lelucon, ceramah UAS menggetarkan lapangan persitaj.

Hampir semua jamaah, termasuk para pejabat terkekeh dibuatnya. Ceramah singkat ini meninggalkan kesan dan pesan yang menyejukkan hati, sembari berdoa bersama untuk kesatuan NKRI.

UAS dalam ceramahnya mengatakan, bahwa dulunya ada ulama asal Tungkal yang pernah menjadi guru besar di Mekah. Ulama itu bernama Syekh Usman Altungkali.

"Saya pernah baca kitab karangan beliau. Dan ternyata, Kualatungkal merupakan kota para ulama. Saya kesini bukan untuk ceramah, saya kesini untuk bersilaturahmi. Disini banyak kiyai, guru, ulama kita," kata UAS.

Baca Juga: Ribuan Warga Tungkal Shalat Berjamaah di Persitaj

UAS berharap, kedepannya ada santri asal Tanjabbar bisa menggantikan ulama terdahulu, tentunya bisa menimbah ilmu ke Mesir dan Maroko.

"Kalau Ustad Somad sudah tiada, ada penggantinya, santri Kualatungkal yang belajar agama ke Mesir dan Maroko," ujar UAs disambut tepuk tangan jamaah.

Disamping membahas pentingnya pendidikan agama sejak dini, UAS juga memanjatkan doa, agar negeri kita dipimpin pemimpin yang adil.

Kata Somad, pemimpin yang adil akan menggunakan kekuasaan untuk kesejahteraan negeri ini.

Dipenghujung tausiyah, UAS menjawab satu persatu pernyataan dari jamaah, yang terkumpul di beberapa lembar kertas. Jawaban yang sederhana dan mudah dimengerti, memberikan pemahaman bagi masyarakat yang hadir dan tabligh Akbar sore tadi.

Dengan pelesetan menggelikan hati, ceramah UAS meriuhkan lapangan persitaj.

Pantauan infotanjab.com, terlihat Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial MS tak henti tertawa dan tersenyum simpul mendengar ceramah UAS. Begitupun Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, yang berdiri di bawah panggung, tak lepas memandang UAS berceramah. Sesekali dia terkekeh mendengar celotehan UAS.

Usai tausiyah, UAS memimpin doa bersama dan sempat berfoto bersama dengan Bupati dan Forkompinda di atas panggung. UAS juga sempat menyalami penonton yang ada di depannya.

Usai rombongan meninggalkan lapangan, ribuan warga tampak bubar teratur, meski lalulintas sempat macet. (*)

Editor : Andri Damanik

Baca Juga: Ratusan Warga Sambut UAS di Pelabuhan Marina





Berikan Komentar via Facebook :