Harga TBS Anjlok Lagi, Harga Sembako Justru Meroket
Senin, 13 Mei 2019 | 17:49:21 WIB | Dibaca: 199 Kali




ilustrasi/net



KUALATUNGKAL – Harga Tandan Buah Segar (TBS) sempat membaik di tingkat petani, dikisaran Rp 1050 per kilo, namun kembali anjlok di kisaran Rp 850.

Anehnya, turunnya hrga TBS ini berbanding terbalik dengan sembako. Saat ini, harga sembako justru mengalami kenaikan sepekan terakhir. 

‎Yudi salah seorang petani kelapa sawit di Kelurahan Mekar Jaya, penurunan harga jual ini menjadi pukulan bagi ekonomi petani. Karena omset petani dipastikan berkurang. Apa lagi anjloknya TBS ini disaat bulan puasa.

“Dengan harga Rp 850 perkilo saja kita masih kesulitan mengatur beban produksi, apa lagi kalau nanti dikurangi lagi. Bayangkan berapa ratus petani di Tanjab Barat ini yang menderita akibat anjloknya harga jual," terangnya.

Meski mengeluh dengan penurunan harga TBS, sebagai petani,Yudi mengaku tidak bisa berbuat apa-apa. Dia hanya berharap pemerintah turun tangan mengatasi masalah anjloknya harga TBS.

"Kepada siapa lagi petani berharap kalau bukan pada pemerintah. ‎Pemerintah harus mencarikan solusinya supaya harga TBS bisa naik. Bukan turun seperti ini,"harapnya.

Hal senada juga dikatakan Ismail. Petani asal Desa Mandala Jaya ini, ‎merasa sangat terpukul dengan anjloknya harga TBS yang harganya sekitar sebulan lalu naik, kini turun lagi.

"Aneh saja, baru satu bulan naik. Kini jatuh lagi. Yang kita harapkan itu naik terus nilainya bukan malah jatuh seperti ini. Bulan puasa ini, kita berharap harga TBS naik lagi. Bukan malah sebaliknya. Apa lagi saat seperti ini panen TBS justru mengalami penurunan produksi,"ungkapnya,"(*/eds)

Editor : It Redaksi





Berikan Komentar via Facebook :