Dari Muntialo Disitribusikan ke Pelanggan
Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:58:31 WIB | Dibaca: 305 Kali




Direktur PDAM Tirta Pengabuan Ustayadi Barlian. (dok/IT)



KUALATUNGKAL - PDAM Tirta Pengabuan Kabupaten Tanjabbar terpaksa mengerahkan tiga mobil tangki, mendistribusikan air bersih ke pelanggan. PDAM memanfaatkan air cadangan di Desa Muntialo untuk disalurkan ke pelanggan.

Setidaknya ada 5.300 pelanggan PDAM yang berdampak krisis air, di Kualatungkal dan sekitarnya.

Terhentinya pasokan air dari sumber baku Parit Panting berdampak langsung kepada pelanggan.

"Pelanggan kita sekitar 8.000 an. Tapi yang berdampak langsung itu sekitar 5.300 pelanggan, itu di Tungkal dan sekitarnya. Kalau pelanggan di Tebing Tinggi tidak ada masalah," kata Direktur PDAM Tirta Pengabuan, Ustayadi Barlian.

Selain mengerahkan mobil tangki kepada pelanggan, PDAM juga turut andil dalam percepatan distribusi air dari sumber baku Teluk Pengkah Tebing Tinggi ke Reservoar di Bram Itam.

Dikatakan Ustayadi, ada mesin pompa di reservoar Parit Pudin belum berfungsi, lantaran ada kendala elektrik di rangkaian kabel mesin pompa.

Sementara Untuk reservoar di Senyerang sudah berjalan, meski masih menggunakan diesel. "Listriknya belum siap, jadi masih pakai solar. Kita terpaksa turut andil membantu Dinas PUPR, untuk percepatan distribusi air ke reservoar di Bram Itam, " jelas mantan anggota DPRD Tanjabbar ini.

Ditambahkan Ustayadi, ada delapan personil PDAM yang diperbantukan untuk mengkonekkan air bersih dari beberapa reservoar, mulai Tebing Tinggi hingga ke Bram Itam.

"Sesuai perkiraan dan istruksi Bupati, minggu depan kita upayakan air dari Tebing Tinggi sampai ke Bram Itam. Kalau sudah sampai ke Bram Itam, kita tinggal salurkan ke pelanggan," tambah Ustayadi.

Sebelumnya, Polres Tanjabbar juga turut andil mengatasi krisis air bersih di Kualatungkal. Satu Mobil Water Canon berisi 5.000 liter disiagakan di depan Mapolres Tanjabbar untuk mendistribusikan air ke warga. Ratusan warga berbondong-bondong sambil antre membawa jerigen untuk mendapatkan air bersih. (*)

Editor : It Redaksi

 

 

 

 

 





Berikan Komentar via Facebook :